Daftar Blog Saya

Kamis, 03 Februari 2011

1650 Berenang Di Air

Dear sahabat.....:)

1. Apa yang anda akan bayangkan jika suatu ponsel sempat berenang di air...?
2. Kalau dalam istilah kedokteran ada P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan), nah pertolongan apa yang harus dilakukan saat setelah ponsel kita berenang....?

OK, sekarang kita jawab pertanyaan di atas sekalian dengan pembahasan kasus yang saya terima..ponselnya yang saya tangani ini adalah nokia 1650.

Apabila anda mengalami kasus bahwa ponsel anda terkena air atau tercebur ke dalam air..kemungkinan besar bisa menyebabkan hubungan pendek (short) antar tegangan positif dan negatif... Nah, untuk meng-antisipasi agar tidak terjadi kerusakan karena short tersebut langkah P3K yang harus dilakukan adalah :

1. Copot Batrai ponsel sesegera mungkin...Karena batrai merupakan sumber tegangan utama ponsel. Apabila batrai anda cabut maka sumber tegangan yang berpotensi untuk merusak komponen ponsel dapat dihindari...

2. Jika anda punya kelengkapan untuk membuka ponsel maka segeralah buka ponsel tersebut dan periksa bagian mesin PCB...Apabila ada air di mesin PCBnya, bersihkan dengan menggunakan kapas atau kuas di tambah dengan cairan pembersih (bensin atau tiner).

3. Jika anda tidak memiliki kelengkapan maka segeralah bawa ke Teknisi ponsel untuk di tangani lebih lanjut, biarkan batrai ponsel dalam keadaan tidak terpasang.

Inilah yang biasa dikerjakan oleh teknisi :

4. Ketika teknisi mengetahui bahwa ponsel terkena air maka dia akan segera melakukan seperti pada no.2 di atas, atau memasukkan mesin PCB ke mesin pembersih PCB ponsel.
5. lakaukan cek apakah masih konslet atau tidak dengan multitester.
6. jika ponsel tidak konslet coba nyalakan ponsel apakah bisa hidup normal atau tidak.
7. jika ponsel tidak bisa hidup coba lakukan factorysetting atau flash ulang pakai flasher box.
8. Jika di cek berhasil dan diinfo juga normal tetapi ponsel tetap belum mau hidup, curigai BSI ponsel. Coba gabungkan BSI dengan Konektor negatif ponsel apakah ponsel bisa hidup atau tidak...Apabila ponsel bisa hidup maka anda tinggal jumper dari belakang konektor batrai antara BSI dan Konektor negatif ponsel. pabila.. ternyata ponsel tetap tidak mau hidup setelah digabungkan BSI dan Konektor negatif curigai jalur on/off dari ponsel.

Nah adapaun kasus yang saya tangani ini sudha bisa hidup namun terkadang kalau sudah dimatikan si onsel tidak bisa hidup lagi...Dan apabila melakukan call dalam waktu kurang dari satu menit si ponsel akan memebrikan pesan insert sim card lalu mati...

Di cek dan di info pakai flasher box normal bahkan di factory setting juga normal tapi tetap tisak bisa. Solusinya adalah tinnggal jumper konektor BSI dan Konektor Negatif ponsel dari belakang...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar