Daftar Blog Saya

Kamis, 03 Februari 2011

1202 tombol call tidak bekerja dan restart

pagi-pagi sekali lagi sarapan datang pasien hp nokia 1202 dengan kasus restart dikasitau oleh si yang punya. Saya coba copot kartu kemudian nyalakan lagi hpnya normal...berarti kemungkinan masalah pada program saja. Solusi yang saya lakukan sbb:

1. Saya coba cek dengan flasher box (JAF by Odeon) dengan kabel esay 2630 maklum tidak punya kabel flash yang lainnya.. saya coba cek dengan JAF tersebut rx dan tx tidak bisa ditemukan. akhirnya iseng-iseng dengan cara ke...

2. Saya coba masukan kartu dan hp dalam keadaan saya cas, kemudian hp saya hidupkan, ternyata hp normal. Tanpa banyak basa basi saya masuk ke "kembali kepengaturan awal" dan hapus semua inbox dan pesan terkirimnya, setelah itu hp saya matikan. Hp dihiduplan lembali tanpa di cas alhamdulillah ternyata bisa normal.

3. bikin nota...

Setelah beberapa saat yang punya hp datang lagi katanya tidak bisa call walhasil.....saya tanyakan apakah sebelum kasus restart tombol call sudah memang tidak berfungsi? yang punya menjawab dengan jujur dengan kata "iya" Berarti ini kasus yang berbeda. Solusi yang saya lakukan sbb:

Berhubung skema 1202 belum juga ada, saya coba cek tegangan di tombol keypad tidak ada sama sekali, sedangkan yang lainnya ada. Ini kemungkinan putus jalur, tapi jalur yang mana maklum tidak ada skema. Saya coba lihat di bagian belakang ada yang mirip seperti IC keypad, saya yakin itu IC Keypadnya karena mirip sekali dengan IC keypad 7610 dan semisalnya, langsungs aja rehot IC nya tunggu beberapa saat setelah dingin dipasang kembali dan di tes akhirnya tombol call nya berfungsi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar