Daftar Blog Saya

Kamis, 03 Februari 2011

1600 Insert Sim Card

1600 Insert Sim Card
Nokia 1600 yang menurut pengakuan yang punya ponsel setelah saya tanya masalahnya, dia mengatakan bahwa signal lemah...Berhubung waktu itu saya tidak sempat cek langsung karena suatu keperluan, ketika saya cek ternyata si ponsel tidak bisa baca kartu (insert sim card)...

Akhirnya terpaksa telpon lagi yang punya untuk komfirmasi bahwa permasalahannya adalah insert sim card.. Si User mengatakan bahwa memang benar kalau ponselnya insert sim card setelah terjatuh ke air....

Ok kita mulai memeriksa keadaan ponsel:

1. sebelumnya dalam pikiran saya kemungkinan besar penyebabnya adalah emif sim card yang rusak karena bekas terkena air...saya coba nyalakan dengan batrai lain, hasilnya tetap tidak bisa.

2. Saya coba sedikit menekan kartunya, ponsel saya hidupkan kembali namun hasilnya juga sama.

3. Saya coba nyalakan pakai power supply ternyata bisa masuk, saya coba lepas catut power supply untuk BSI si ponsel kembali memberikan pesan insert sim card...jadi taulah permasalahannya.

4. Bisa jadi si batrai juga memiliki daya yang sudah tidak normal terutama pada konektor bagian tengahnya yang langsung berhubungan dengan BSI pada ponsel. Akan tetapi anehnya saya memakai batrai yang lain juga pesannya sama insert sim card padahal batrai penggantinya normal. Tapi kenapa pakai power supply normal saja....??

5. Saya pasang kembali power supply pada ponsel, kali ini tidak menggunakan tegangan BSI dari power supply. Bagian negatif power supply saya konekkan dengan konektor negatif dan konektor BSI pada ponsel...kemudian yang positif dihubungkan pada bagian positif konektor ponsel kemudian ponsel saya coba hidupkan, hasilnya ternyata normal...melakukan panggilan juga normal-normal saja tidak menunjukkan signal lemah.

6. Jumper konektor negatif dan konektor BSI pada ponsel persis dibagian belakang konekor dengan menggunakan timah solder...

7. Coba nyalakan ponsel dengan batrai yang semula bawaan ponsel ternyata berhasil.....:)


kesimpulannya: Tidak semua insert sim card penyebabnya adalah jalur dan emif simcard tapi BSI yang bermasalah juga bisa menyebabkan insert sim card.

1 komentar:

  1. Hp saya baru saja kena air dan tdk bs baca simcard karna kemungkinan air sudah kering didalam. Sudah saya coba keringkan hp dengan beras tetap saja. Saya orf awam gaptek gangerti beginian dan akirnya nyoba servis ke samsung center ktny hrs ganti konektor 1,6juta.... apa ada alternatif lain?saya gangerti soalnya yg pake power supply ini mungkin bs dibantu hehe makasih sebelumnya

    BalasHapus