Daftar Blog Saya

Kamis, 03 Februari 2011

1600 Mati Total Karena Konslet

Ok kasus berikutnya yang saya posting adalah kasus short pada nokia 1600...

berikut ini langkah-langkahnya:

1. coba hubungkan ponsel dengan power supply, hasilnya ternyata jarum volmeter langsung kembali pada posisi nol..berarti si ponsel short

2. arahkan tegangan pada power supply mulai dari angka 1 volt, arus naiksedikit....kemudian saya naikkan lagi tegangan pada posisi 3 volt, arus sudah naik ke 600 mA...Waoo

3. coba raba komponen yang terasa panas, saya kaget ternyata IC UEM yang panas...
Timbul asumsi: Apakah konslet berasal dari IC UEM...?
Jawabannya: BELUM TENTU

4. Lihat pada skema ada terdapat berapa jalur VBAT.. maka kemungkin penyebab shot bisa jadi disebabkan karena kapasitor yang dilalui oleh vbat mengalami kerusakan.

5. Setelah saya coba cabut kapasitor C2261 akhirnya short hilang, kemudian saya gantikan dengan kapasitor yang kanibalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar